Membuat Aplikasi Android Quiz di PhoneGap

Berjumpa lagi dengan Bang Plowotan, di tutorial kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi Quiz Benar/Salah. Quiz ini ini berbasis dari HTML5, untuk quiz ini tidak sepenuhnya dibuat dari nol tetapi menggunakan template yang sudah ada hanya merubah beberapa pertanyaan dan nama dari aplikasinya saja. 

Sedikit perkenalan, apa itu PhoneGap?
PhoneGap adalah suatu framework aplikasi yang memungkinkan anda untuk membangun aplikasi native android menggunakan HTML dan Javascript. Phonegap memudahkan untuk para developer pemula android untuk membangun suatu aplikasi. Phonegap juga memberikan kreasi dan tampilan yang sangat menarik karena dibuat dengan menggunakan perintah HTML dan Javasctipt. selain itu phonegap dapat digunakan oleh semua macam operation sistem seperti android, ios, blackbarry, windows phone, bada dan lain sebagainya. 

Sebelum memulai untuk membuat aplikasi quiz ini, siapkan beberapa bahan dan lainya yang harus kamu unduh terlebih dahulu :
Jika sudah di unduh selanjutnya kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Instal PhoneGap Desktop di laptop/komputer kamu. Jika sudah selesai di instal, kemudian buka PhoneGap Desktopnya. 
  2. Lalu klik tanda + (tanda Plus) lalu pilih Create new PhoneGap project
  3. Kemudian pilih Blank template. 
  4. Selanjutnya pada Project Details, pilih lokasi (Local Path) dimana project akan di simpan. Nama aplikasinya lalu untuk ID itu opsional, boleh diisi atau dikosongkan. Lalu klik Create Project
  5. Lalu klik pada local path
  6. Kemudian masuk ke dalam folder www, dan hapus semua data yang ada di dalam folder tersebut. 
  7. Lalu extrak template quiz yang sudah di download tadi ke dalam folder www
  8. Untuk mencoba menjalankannya, buka browser lalu ketikkan localhost:3000. Maka aplikasinya bisa kamu coba. 
  9. Selanjutnya untuk mengubah soal-soal pertanyaannya buka folder js lalu buka file question.json. Silahkan kamu ganti pertanyaannya. jika sudah klik save. lalu bisa kamu coba jalankan lagi di browser. 
  10. Untuk mengubah menjadi file apk, kompres folder project PhoneGap menjadi file .zip
  11. Jika sudah buka situs https://build.phonegap.com/people/sign_in, kemudian login. 
  12. Jika sudah muncul tampilan seperti dibawah, klik Upload a .zip file. kemudian cari folder project yang sudah di kompres sebelumnya. Tunggu hingga proses upload selesai. 
  13. Jika prose upload sudah selesai kemudian klik Ready to Build
  14. Langkah terakhir klik logo Android maka file apk akan terunduh. dan kamu bisa mencoba menginstal di perangkat android yang kamu miliki. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts