Android Studio - Membuat Emulator Android (Android Virtual Device)


Pada turorial kali ini, Bang Plowotan akan memberikan langkah-langkah untuk membuat emulator android atau Android Virtual Device. Emulator ini berguna ketika kita ingin mengetest aplikasi yang kita buat melalui Android Studio.
  1. Langkah pertama jalankan terlebih dahulu Android Studio-nya.
  2. Lalu buka salah satu project yang sebelumya kita buat atau biasanya otomatis langsung membuka project yang sebelumnya kita buat. Kemudian klik pada icon Play yang berwarna hijau.
  3. Jika sudah muncul tampilan seperti dibawah ini, klik pada Create New Virtual Device.
  4. Selanjutnya pilih pada bagian Phone kemudian pilih contoh perangkat yang akan digunakan, disini Bang Plowotan memilih 4" WVGA (Nexus S). Kamu bisa pilih sesuai yang kamu inginkan.
  5. Kemudian pilih pada bagian x86 Images lalu pilih System Image atau versi Android yang akan digunakan, jika kamu belum memiliki System Image maka kamu diharuskan untuk mengunduhnya terlebih dahulu dengan cara meng-klik Download. Kemudian tunggu beberapa saat hingga System Image selesai terunduh.
  6. Langkah selanjutnya beri nama pada Emulator Androidnya, lalu pilih Orientasi yang akan digunakan, mau Portrait atau Landscape.
  7. Jika sudah maka Emulator Androidnya sudah bisa kita gunakan.
Membuat Emulator Android (Android Virtual Device) on Youtube

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts