Mengenal MAC Address dan Fungsinya


MAC Address media( Access Control Address) merupakan suatu alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link pada tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan suatu node tertentu pada jaringan. pada satu buah jaringan berbasis Ethernet, MAC address yakni alamat yang unik yang mempunyai panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan suatu komputer, interface dalam suatu router, atau node yang lain pada jaringan. MAC Address juga tidak jarang dinamakan juga sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Disaat produsen membuat perangkat keras jaringan, maka mereka dapat menetapkan MAC Address yang rata-rata dapat dimulai dengan kode yang terkait dengan produsen. MAC Address akan menjadi unik untuk tiap-tiap perangkat, terlebih dua perangkat dari jenis yang identik. satu buah perangkat MAC Address terdiri dari enam pasang angka heksadesimal. Angka-angka yang dipisahkan oleh dua titik.

Pada suatu komputer, MAC address ditetapkan ke suatu kartu jaringan (network interface card / NIC) yang dipakai untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. MAC Address kebanyakan tak mampu diubah lantaran sudah dimasukkan ke dalam ROM. sekian banyak kartu jaringan menyediakan utilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengubah MAC address, walaupun hal ini kurang disarankan. bila dalam satu buah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang mempunyai MAC address yang serupa, maka dapat terjadi konflik alamat dan komputer juga tak sanggup saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain. sekian banyak kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mewajibkan konsumen untuk mengatur MAC address tidak( dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Fungsi MAC Address 
fungsi penting dari MAC Address ialah mempermudah untuk router dan perangkat jaringan yang lain untuk secara unik mengidentifikasi tiap-tiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan dalam sekian banyak cara. Ini dipakai di kebanyakan bentuk jaringan komputer dan sudah berkembang digunakan untuk menunjukkan bahwa Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) sudah diadopsi sebagai standar industri.

MAC Address
Filter MAC Address Filtering yakni metoda filtering guna membatasi hak akses dari MAC Address yang bersangkutan. hampir tiap-tiap wireless access point ataupun router difasilitasi dengan keamanan MAC Filtering. MAC filters ini juga yakni metode sistem keamanan yang bagus dalam WLAN, sebab peka terhadap tipe gangguan seperti pencurian computer card dalam MAC filter dari sebuah access point sniffing terhadap WLAN

Fungsi MAC Addres Filter
fitur MAC Address Filter ini berfungsi untuk menolong kamu untuk mencegah konsumen asing tidak( diinginkan) yang berniat untuk mengakses masuk ke jaringan router nirkabel kamu. dengan menerapkan fitur ini, maka cuma perangkat nirkabel yang mempunyai alamat MAC yang sudah tercatat (ditetapkan) saja yang bisa mendapatkan akses ke router nirkabel. pada router nirkabel edimax ada sekian banyak jenis yang yang sediakan fitur ini yakni BR-6675nD, BR-6475nD, BR-6258n, BR6225HPn dan 3G-6200n.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts