Apa Itu Antena DIversity dan Apa Kegunaannya ?


Bagi sistem komunikasi nirkabel tidak sedikit sekali gangguan-gangguan yang bisa memperburuk kinerja sistem, salah satunya yakni multipath fading. Multipath fading biasanya berlangsung karena pantulan-pantulan yang disebabkan oleh benda-benda di sekitar jalur transmisi. Pantulan-pantulan ini dapat menyebabkan perbedaan panjang lintasan sinyal maka sinyal yang diterima merupakan penjumlahan dari sinyal-sinyal tersebut. hal ini pasti saja bakal memperburuk kinerja sistem komunikasi nirkabel.

Beraneka jenis penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk mengatasi fading. Salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi fading yakni dengan memakai teknik diversity. teknik diversity yakni sebuah teknik di mana sinyal informasi dikirim lewat sekian banyak lintasan yang berbeda. hal ini dilakukan supaya terbentuk informasi redundant yang akan membantu proses deteksi pada destination. jadi jika sinyal informasi pada salah satu lintasan terkena kerusakan karena pengaruh fading, maka proses deteksi pada destination masih bisa dilakukan dengan bagus dikarenakan masih terdapat sinyal informasi yang berasal dari lintasan lain.

Teknik diversity secara garis besar bisa dibagi jadi tiga macam, yakni: space diversity, frequency diversity, dan time diversity.

Space diversity
teknik diversity ini biasa disebut juga dengan istilah antenna diversity. dinamakan begitu sebab pada teknik ini destination mempunyai lebih dari satu antena yang yg terpecah dengan jarak minimal 10 kali panjang gelombang. karena pada destination tersedia lebih dari satu antena penerima, sehingga seandainya salah satu antena menerima sinyal informasi dengan level daya yang rendah, destination masih bisa mendeteksi sinyal informasi tersebut dengan bagus. hal ini karena masih terdapat kemungkinan bahwa sinyal yang diterima oleh antena yang lain menerima sinyal dengan level daya yang lebih tinggi.

seluruh sinyal yang di terima kemudian akan diproses dengan melakukan combining untuk memperoleh estimasi data yang dikirimkan.

Space diversity memiliki teknik dalam pemakaian antenanya, berikut 3 teknik yang dipakai dalam space diversity :
  1. SIMO (Single Input Multiple Output)
  2. MISO (Multiple Input Single Output) 
  3. MIMO (Multiple Input Multiple Output) 
Frequency Diversity
Teknik ini ialah teknik yang membedakan frekuensi carrier pada waktu pengiriman sinyal informasi. Source mengirimkan satu sinyal informasi ke destination dengan frekuensi carrier yang berbeda-beda. dengan demikian destination menerima sekian banyak sinyal informasi yang selanjutnya bakal diproses dengan melakukan combining untuk mendapatkan estimasi data yang dikirimkan. perbedaan frekuensi carrier untuk tiap-tiap sinyal yang dikirimkan harus lebih besar daripada bandwidth koheren dari kanal. hal ini dilakukan untuk menentukan bahwa antar kanal mempunyai kondisi yang saling bebas.

Time diversity
Time diversity yakni salah satu teknik diversity di mana satu sinyal informasi dikirim dalam time-slot yang tidak sama dan dipisah pada interval yang panjangnya lebih besar daripada waktu koheren kanal. teknik ini amat efisien dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh kanal fast fading. masing-masing sinyal informasi yang diterima pada time-slot yang berbeda-beda selanjutnya diproses dengan melakukan combining untuk mendapatkan estimasi data yang dikirimkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts