Apa Itu Address Resolution Protocol (ARP)?


Protokol Resolusi asal atau disingkat PRA yakni suatu protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke pada alamat media Access Control (MAC Address). PRA didefinisikan di dalam RFC 826 pada tahun 1982.

ketika suatu aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP mencoba untuk membuka sebuah host TCP/IP dengan memakai alamat IP, sehingga alamat IP yang dipunyai oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dulu ke dalam MAC Address supaya frame-frame data sanggup diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya) sesudah diproses terlebih dulu oleh Network Interface card (NIC). hal ini dikarenakan NIC beroperasi pada lapisan fisik dan lapisan data-link pada tujuh lapis model referensi OSI dan memakai alamat fisik daripada memakai alamat logis (seperti halnya alamat IP atau nama NetBIOS) untuk melakukan komunikasi data pada jaringan.

apabila benar-benar alamat yang dituju berada di luar jaringan lokal, maka ARP bakal mencoba untuk mendapatkan MAC address dari antarmuka router lokal yang menghubungkan jaringan lokal ke luar jaringan (di mana komputer yang dituju berada). Berikut ini fungsi serta peran dari ARP ini:

  1. Peran protokol ARP ini amat sangat utama pada jaringan, paling utama mengenai komunikasi data yang berlangsung pada jaringan. tiap-tiap host yang tergabung atau terhubung dalam suatu jaringan LAN saling berkomunikasi memakai alamat fisik (Mac Address) dan tak memakai alamat logis (IP Address).
  2. Dikatakan pada poin nomor satu, bahwa tiap-tiap Host berkomunikasi memakai alamat fisik (Mac Address). jadi, mau tak mau tiap-tiap suatu Host yang mau berkomunikasi dengan Host lain harus mengetahui Mac Address yang dipunyai oleh Host tujuannya tersebut.
  3. lalu bagaimanakah sebuah Host sanggup memperoleh informasi mengenai Mac Address dari Host tujuannya? Jawabannya ialah pada tahapan transfer data. Sebelum suatu data diberikan Mac address, terlebih dulu data tersebut diberi alamat logis berupa IP Address. IP address yang ditambahkan ini yaitu IP address berasal Host pengirim dan Host penerima.
  4. Baru setelah itu tentukan alamat fisik atau Mac Address berasal Host tujuan. Nah, seandainya belum didapati alamat fisiknya, mau tak mau harus dicari terlebih dulu. Disinilah peran protokol ARP, dengan memakai informasi IP address Host tujuan yang ada, maka Host pengirim melakukan pencarian dengan menugaskan Protokol ARP.
Lalu bagaimanakah cara kerja dari ARP ini, berikut sedikit penjelasan dari cara kerjanya:

  1. Awalnya protokol ARP melakukan pengiriman suatu pesan yang sifatnya broadcast atau menyeluruh. isi dari pesan tersebut berupa permaintaan suatu alaman Mac Address suatu Host berdasarkan IP address tiap-tiap Host. pesan permintaan ini dikirim dengan cara menyeluruh ke seluruh Host yang terikat dalam jaringan LAN.
  2. setelah pesan tersebut sampai kepada Host tujuan, maka Host tujuan akan membalas pesan tersebut dengan suatu pesan balasan yang berisi alamat fisik atau Mac Address yang cocok dengan IP address yang diminta tadi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts