Mengenal Lebih Jauh Tentang Mikrotik


Mikrotik dibuat oleh MikroTikls suatu perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalah suatu negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa pelayanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya memakai teknologi nirkabel atau wireless. disaat ini MikroTikls memberikan pelayanan pada banyak ISP nirkabel guna pelayanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga amat terkenal di Indonesia. MikroTik kini sediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. ciptaan hardware unggulan Mikrotik berwujud Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung yang lain. sedangkan produk Software primadona Mikrotik yaitu MikroTik RouterOS.

Mikrotik RouterOS

Dikutip dari Mikrotik.co.id, pengertian MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.




Mikrotik RouterBoard

RouterBoard merupakan router embedded buatan dari mikrotik. Routerboard seperti suatu komputer mini yang terintegrasi dikarenakan dalam satu board tersemat prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard memakai os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa pula berfungsi sebagai hotspot server.

Ada sekian banyak seri routerboard yang juga dapat berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds maupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless memakai routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap maupun client. dengan routerboard kamu dapat menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada komputer lagi. karena semua fungsi yang ada pada router sudah tersemat dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan komputer yang diinstal routerOS, routerboard ini ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik dikarenakan hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang pada atas tower dan memakai PoE untuk sumber arusnya.

Sistem tingkatan Lisensi Mikrotik 
Mikrotik bukanlah piranti lunak yang gratis jika kamu mau memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls guna bisa menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah tingkatan pada lisensinya. tersedia sejak mulai awal tingkatan 0 selanjutnya 1, 3 sampai 6, untuk tingkatan 1 yakni versi demo Mikrotik bisa dipakai secara gratis bersama fungsi-fungsi yang amat sangat terbatas. pastinya setiap tingkatan memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, tingkatan 6 ialah tingkatan teratas dengan fungsi yang paling komplit. secara singkat mampu digambarkan jelaskan sebagai berikut:
  1. Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  2. Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  3. Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
  4. Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
  5. Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
  6. Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

Berikut Ini Tutorial Instalasi Mikrotik RouterOS di VirtualBox

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts