Apa Itu Wireless?

Banyak orang yang sering mengatakan kata Wireless, dikarenakan semakin berkembangnya zaman, teknologi di dunia ini semakin maju dan membuat kita tidak asing lagi dengan yang namanya Wireless. Namun sejak dulu teknologi wireless ini sudah dipergunakan yaitu untuk gelombang radio. Maka dari itu dengan adanya penemuan dari gelombang radio ini banyak pengembang teknologi yang mengembangkannya untuk mempermudah kebutuhan manusia. Di zaman sekarang ini sudah banyak produk yang menerapkan teknologi Wireless ini contohnya charger wireless, mouse dan keyboard wireless, stick game wireless dan masih banyak lagi.

Pengertian dari Wireless itu sendiri adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik yang berperan sebagai media penerima dan penyalur sebagai penghubungnya.

Dengan penemuan teknologi Wireless ini banyak perusahaan yang menggunakannya, dikarenakan sebelumnya belum ada standarisasi tentang frekuensi yang digunakan maka banyak frekuensi yang bertabrakan karena belum di atur. Penggunaan teknologi wireless harus menggunakan frekuensi yang sama, maka dari itu terbentuklah IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) merupakan institusi yang melakukan diskusi, riset dan pengembangan terhadap perangkat jaringan yang kemudian menjadi standarisasi untuk digunakan sebagai perangkat jaringan. Adapun standarisasinya sebagai berikut :
  1. IEEE 802.11 Legacy yaitu standart jaringan wireless pertama yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimum 2 Mbps. 
  2. IEEE 802.11b yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.
  3. IEEE 802.11a yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.
  4. IEEE 802.11g yaitu standart jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.
  5. IEEE 802.11n yaitu standart jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.
Itulah sekilas pengertian dari Wireless serta standarisasinya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts