Local Disk C: Pada Laptop Windows Kamu Penuh? Begini Cara Melegakannya!

Local disk C adalah tempat dimana sistem operasi Windows bermuara serta software-software lainnya yang terinstal di laptop maupun komputer Windows, hal ini mengakibatkan Local Disk C: menjadi penuh hingga tidak ada sisa dan menjadikan ini masalah besar karena tidak bisa menyimpan data ataupun menginstal software lainnya. Untuk menggunakan Windows dapat berjalan dengan baik, sebaiknya kamu harus memiliki ruang bebas pada harddisk kamu khususnya Local Disk C:. Karena, Windows membutuhkan banyak ruang bebas untuk mengerjakan berbagai tugas. Namun, jika local disk C kamu hampir penuh dan sudah ada peringatan tanda merah, itu artinya kamu harus segera melegakannya.

Berikut ini langkah-langkah untuk melegakan Local Disk C: pada laptop atau komputer Windows:
#1 Langkah pertama buka File Explorer, kemudian klik kanan pada Local Disk C:.

#2 Selanjutnya klik Disk Cleanup untuk memindai data sampah-sampah/cache yang menumpuk di Local Disk C:.

#3 Langkah selanjutnya, setelah proses memindai selesai maka akan muncul sampah-sampah yang ada di Local Disk C:, namun untuk menghapus sampah-sampah yang ada di akar Windowsnya, klik pada CleanUp System Files.

#4 Selanjutnya tunggu hingga proses memindainya selesai.

#5 Kemudia akan muncul sampah-sampah yang ada di akar Windowsnya. Beri centang semua pada sampah-sampah yang akan dihapus, kemudian klik OK dan selanjutnya klik Delete Files untuk memulai proses menghapus sampah-sampah yang ada di Local Disk C:.

#6 Tunggulah proses penghapusan sampah-sampah yang ada di Local Disk C:.

#7 Setelah proses penghapusan selesai maka ruang bebas pada Local Disk C: akan bertambah. *Sebelumnya Local Disk C: punya Bang Otan ini 130GB setelah sampah-sampah di hapus ruang bebas di Local Disk C: bertambah menjadi 2GB/132GB.

Catatan :
Besaran sampah yang dihasilkan tergantung pada lamanya Windows terinstal di laptop maupun komputer kamu. Semakin lama penggunaan maka sampah-sampah yang dihasilkanpun akan besar dan ini akan membuat ruang bebas di Local Disk C: kamu akan bertambah.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts