Langkah Mudah Instalasi Ubuntu 16.10 Yakkaety Yak di PC

Bagi sebagian orang awam, mungkin sistem operasi open source dianggap sangat sulit dalam penggunaannya dibanding dengan system operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux ini sudah digunakan pada sistem-sistem operasi di beberapa perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox 360. Ubuntu ini merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian yang paling popular di kalngan pengguna open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini yaitu terletak pada tingkat kestabilan yang bagus serta penggunaannya yang user friendly.

Ubuntu 16.10 merupakan system operasi terbaru setelah Ubuntu 16.04, system operasi terbaru ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Ubuntu. Ubuntu 16.10 ini dirilis pada Oktober 2016. Angka 16 (Tahun 2016) angka 10 (Bulan Oktober). Ubuntu 16.10 ini menggunakan kode nama spesies hewan, kali ini menggunakan nama Yakkety Yak, Berikut ini adalah logo Ubuntu 16.10 Yakkety Yak beserta dengan hewan maskotnya.
Ubuntu 16.10 dirilis pada tanggal 12 Oktober 2016, dimana Ubuntu 16.10 adalah versi yang lebih stabil dibandingkan sebelumnya serta performa yang meningkat baik dari segi antarmuka maupun kinerja dan beberapa fitur terbaru yang diberikan, selain itu Canonical juga menjanjikan peningkatan pada hampir semua bagian di sistem operasi ini.

Fitur Baru di Ubuntu 16.10
  1. Kernel 4.8
  2.  LibreOffice 5.2.2
  3.  Pembaharuan Mozilla Firefox 49
  4. Shotwell 0.22
  5. GNOME Terminal 3.20
  6. Thunderbird 45
  7. Ubuntu Software 3.20
  8. Rhythmbox 3.4.1
  9. Nautilus 3.20
  10. Perubahan pada GPG
  11. Unity 8 Developer Preview
Langkah-langkah Instalasi
  1. Nyalakan komputer anda, kemudian masuk ke BIOS Setup dengan cara tekan tombol DEL (Delete), F2, F10 atau Fn+F2b, cara ini tergantung dari manufactur laptop ataupun motherboardnya.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar di bawah. Selanjutnya bergeser ke tab Boot menggunakan tombol kanan-kiri.
  3. Selanjutkan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dalam tampilan tersebut HDD berada di urutan pertama maka pada saat kita menyalakan komputer/laptop akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.
  4. Agar bias booting dari CD/DVD maka anda harus mengubah urutas pertama dengan CD-ROOM Drive. Caranya dengan memilih CD-ROOM Drive lalu geser ke atas menggunakan tombol +/- pada keyboard.

  5. Jangan lupa setelah melakukan seting seperti di atas maka selanjutnya masukan CD/DVD Ubuntu 16.10 ataupun boottable flashdisk Ubuntu 16.10. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan hasil setting BIOS sekaligus keluar dari menu BIOS tersebut.
  6. Selanjutnya setelah save BIOS komputer/laptop akan melakukan restart sendiri lalu akan muncul loading persiapan instalasi Ubuntu 16.10.
  7. Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti di bawah ini dan langsung pilih Bahasa yang akan digunakan, setelah itu klik Install Ubuntu.
  8. Ditahap ini adalah pengecekan komponen komputer, jika komputer anda terkoneksi dengan internet maka centang pada Download update while installing dan Instal this third-party sortware untuk mengunduh paket update terbaru yang diperlukan. Namun jika tidak tekoneksi dengan internet bisa langsung klik Continue.
  9. Pada langkah Installation type pilih bagian yang paling atas, lalu klik Install now.
  10. Kemudian tentukan lokasi negara/posisi anda dengan cara klik pada peta atau tulis pada form dibawah peta, lalu klik Continue.
  11. Pada langkah ini diharuskan untuk memilih keyboard yang digunakan, biarkan default saja. Lalu klik Continue.
  12. Pada langkah ini, pengguna diharuskan untuk mengisi kolom nama, username, serta password. Setelah semua terisi selanjutnya klik Continue.
  13. Proses instalasi ini belangsung memakan waktu kurang lebih 20 menit.
  14. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul pop-up instalation complete lalu klik restart.
  15. Setelah tadi di restart, selanjutnya sebelum tampil ke desktop, pengguna di wajibkan untuk mengisi password yang sebelumnya sudah dibuat.
  16. Proses instalasi selesai.

Post a Comment

Previous Post Next Post

recent posts